Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Spanduk Bahan Vinyl

Spanduk merupakan properti yang cukup penting untuk berbagai macam hal. Dari keperluan untuk berbagai acara seminar, untuk menyambut kedatangan tamu atau bahkan sebagai properti untuk berjualan.

Spanduk memiliki fungsi yang sangat universal dengan tujuan menarik perhatian banyak orang. Seringnya, spanduk dapat kita temukan di depan toko atau unit usaha untuk memperkenalkan jasa dan produk yang mereka jual.

Spanduk Bahan Vinyl

Banyak jenis spanduk tergantung dari orientasi penggunaannya, bahan-bahan yang bisa dipilih juga beragam. Tapi biasanya kita akan menemukan bahan spanduk vinyl yang digunakan oleh banyak orang. Bahan ini lebih sering dipilih untuk pembuatan spanduk karena daya tahan yang cukup lama dibandingkan bahan lainnya.

Biarpun cukup tahan lama, kita juga harus cukup berhati-hati ketika memilih bahan spanduk dari vinyl yang akan kita gunakan untuk keperluan.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan berbagai hal yang wajib diperhatikan saat membeli spanduk dengan bahan vinyl. Yu disimak baik-baik ulasan produksicetak.com berikut.

3 Tips Memilih Bahan Spanduk Vinyl

1. Ketebalan dari Bahan atau Gramasi

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena ketebalan bahan spanduk vinyl yang kita pilih akan memengaruhi proses printing dan daya tahan dari spanduk tersebut. Jika terlalu tipis, meskipun akan mudah dalam proses printing, tapi spanduk tersebut akan mudah rusak.

Begitu pula sebaliknya, jika menggunakan bahan yang terlalu tebal maka akan tahan lama tapi cukup mengganggu proses printing. Jadi kita harus perhatikan gramasi yang ditawarkan sebelum mencetak spanduk, biasanya pilihannya mulai dari 240 gsm, 260 gsm, 280 gsm, 320 gsm, dan ada juga hingga mencapai 440 gsm.

2. Negara yang Memproduksi

Terdapat beberapa negara yang menjadi produsen bahan spanduk dari vinyl. Dimulai dari China, Korea dan Jerman. Ketiganya memiliki ciri khas masing-masing, misalnya bahan dari China yang tipis dan kasar, bahan dari Korea yang lebih halus dibandingkan China, dan Jerman yang memiliki ketebalan dan kualitas yang biasanya di atas keduanya.

3. Jenis Vinyl sesuai dengan kondisi

bahan spanduk vinyl

Berbagai jenis bahan spanduk vinyl terbagi menjadi beberapa macam tergantung tujuan dari penggunaannya. Ada yang disebut Matte Vinyl yang permukaannya dapat mengurangi pantulan cahaya sehingga terkesan tidak membuat silau, jenis bahan ini cocok sebagai media promosi produk yang penuh gambar.

Kemudian ada juga yang disebut Gloss Vinyl, bahan jenis ini terkesan lebih mengkilat sehingga cocok untuk media desain yang elegan. Selanjutnya ada Matte Vinyl yang tahan terhadap air, jadi bahan ini bisa bertahan lama diluar ruangan.

Bagi yang ingin mencetak spanduk dengan dua sisi, maka ada bahan yang disebut sebagai Blackout Vinyl, dimana bahan jenis ini terdiri tiga lapis yang lapisan tengahnya berwarna hitam untuk mencegah tembusnya gambar dari sisi yang lain.

Dan terakhir ada Mesh Vinyl, bahan jenis ini juga cocok untuk penggunaan luar ruangan atau di daerah dengan kondisi angin yang kencang, karena bahan jenis ini memiliki lubang-lubang kecil sebagai jalur udara sehingga spanduk dengan bahan ini tidak mudah rusak tertiup angin.

author
Author: