3 Jenis Brosur Beserta Sejarahnya Yang Perlu Kamu Tahu!

No comment 1033 views

Saat kita pergi ke sebuah tempat perbelanjaan ataupun tempat lainnya tentu kita pernah melihat seseorang membagikan selembar kertas bukan? Kertas yang dibagikan biasanya memuat tentang iklan suatu produk ataupun promosi yang ada di dalamnya.

Selembaran inilah yang kemudian dinamakan brosur. Brosur merupakan sebuah media untuk memperkenalkan sebuah produk atau jasa kepada khalayak umum sebagai salah satu bentuk kegiatan periklanan. Dilihat dari bentuknya, brosur memiliki bentuk yang beragam.

Hal ini dikarenakan brosur memiliki beberapa jenis yang biasa digunakan. Eitss… sebelum kita membahas mengenai jenis brosur, yuk kita cari tahu dulu, bagaimana sih asal mula brosur ada hingga dijadikan sebagai salah satu alat untuk promosi produk.

jenis brosur

Beberapa Jenis Brosur dan Sejarahnya

Pada awalnya masyarakat sebelum abad ke-20 memikirkan bagaimana caranya untuk mempromosikan dagangan mereka dengan cara yang lebih efektif dan efisien tanpa harus berteriak di hadapan orang yang melintas.

Kemudian di masa kehidupan Yunani kuno orang-orang mulai menulis sebuah selembaran yang pada masa itu memberikan pengumuman mengenai seorang budak yang melarikan diri.

Selembaran itu sebenarnya merupakan sebuah surat edaran yang ditulis dengan tulisan tangan. Surat edaran tersebutlah yang kemudian menjadi seluk beluk terbentuknya sebuah brosur. Barulah kemudian pada abad ke-20 manajemen periklanan berkembang dengan baik dan semakin maju hingga ke wilayah Eropa dan Asia.

Di Indonesia, penyebaran brosur pertama kali terjadi pada tahun 1870an yang dibawa oleh kongsi dagang milik Belanda dengan tujuan untuk mempromosikan perusahaan komersial milik mereka.

Baru kemudian setelah kemerdekaan perkembangan percetakan brosur mulai berkembang secara pesat di Indonesia sebagai salah satu bentuk usaha periklanan. Setelah belajar sejarah, sekarang saatnya mengetahui berbagai jenis brosur. Yu disimak baik-baik informasinya.

1. Flyer

Brosur Flyer

Brosur yang satu ini merupakan brosur berbentuk selembaran atau hanya terdiri dari satu lembar yang berisi tentang informasi yang akan ditunjukkan.

Umumnya flyer dibuat dengan ukuran kertas A5 ataupun A4. Flyer sangat cocok digunakan untuk tujuan memberikan informasi mengenai sebuah kegiatan atau event yang tidak perlu menggunakan terlalu banyak tulisan.

2. Brosur 2 Lipatan

Brosur 2 Lipatan

Selain selembaran, brosur juga memiliki bentuk lain yaitu terdiri dari 2 lipatan. Brosur dengan bentuk seperti ini biasanya berukuran kertas A4 yang dilipat menjadi dua bagian dan terdiri dari 4 halaman.

Brosur ini dapat memuat beberapa informasi penting yang akan disampaikan didalamnya. Selain tulisan, brosur dengan bentuk seperti ini dapat memuat beberapa gambar penunjang dengan ukuran yang pas dan enak untuk dibaca sehingga akan menimbulkan kesan menarik.

3. Brosur 3 Lipatan

Brosur 3 Lipatan

Jenis lainnya yaitu brosur dengan 3 lipatan. Ukurannya pun kurang lebih sama dengan ukuran brosur yang lainnya, yaitu menggunakan jenis kertas A4 atau A5 sesuai dengan kebutuhan anda yang kemudian dilipat menjadi 3 lipatan.

Brosur ini memiliki total 6 halaman bolak balik yang cocok digunakan oleh anda yang ingin memasukan materi dan informasi yang beragam di dalamnya. Biasanya brosur dengan jenis ini dipakai oleh instansi tertentu misalnya sekolah, perguruan tinggi ataupun berbagai instansi yang ingin menjelaskan mengenai profile yang lebih rinci.

Nah, sekarang kita sudah mengetahui apa saja jenis brosur yang ada beserta seluk beluk terciptanya brosur. Jika anda hendak membuat sebuah brosur untuk kegiatan periklanan maka harus mencari brosur seperti apa yang cocok untuk sesuai dengan keperluan.

author
Author: